LASKAR PELANGI 1

Minggu, 20 Januari 2008


Fuuuuuuh…Alloh…lelah banget, aktifitas hari ini menyita banyak energiku। Sejak pukul 7 pagi tadi aku sudah harus tiba di laboratorium mikrobiologi kampusku, dan nyaris pukul 9 malam baru bisa “ go home “, sehabis ngajar privat di rumah “anak manisku” : Ozy. Tapi, Alhamdulillah….aku bahagia melewati hari ini.

Jika sudah begini , mandi adalah obat yg paling mujarab untuk me”refrest” seluruh anggota tubuh…dan hasilnya?? aku masih bisa bertahan : duduk manis bersama Bapak dan mba’ tepat di depan “kotak ajaib” kami, demi menyimak acara TV favorit ku : “Kick Andy”@ Metro TV.
Meski bukan acara yang bernuansa Islami, aku akan menyesal jika tak sempat menyimaknya..kenapa coba?? J karna acara ini : TOP BGT!!. Acara ini seringkali membuatku menangis penuh haru , tapi yang jelas bukan karna “cengeng” ataupun terlalu “melon’..:)JJ. Tapi sungguh… bagiku kisah- kisah yang disajikan begitu syarat dengan makna : sederhana tapi dalem. Pesan-pesan yang disampaikan slalu saja menghujam dan seringkali membuat kami merenungi perjalanan hidup , dan endingnya selalu saja termotivasi untuk berbuat lebih dari itu atau seminimalnya mampu melakukan hal yang sama dengan tokoh di acara tersebut..dan yang paling penting inspiratiiiiif buaanget deh. Suer deh..eh..sure deh.. Bagi anda yang slalu nyimak “Kick Andy”, pasti setuju dengan pendapat tersebut.. Benerkan??:) hayo ngaku!!

Malam tadi Ia mengupas tentang “Laskar Pelangi”, sebuah novel yang ditulis oleh Andrea Hirata। Novel ini merupakan kisah nyata : sejarah hidup penulis. Cerita yang sangat inspiratif, berkisah tentang perjuangan 2 orang guru yang memiliki dedikasi yang tinggi dalam dunia pendidikan. Sangat mengharukan sekaligus lucu . Cerita pasti akan mengobarkan semangat mereka yang selalu dirundung kesulitan dalam menempuh pendidikan.

Laskar Pelangi merupakan julukan Bu Muslimah (Guru SD) terhadap 10 anak didiknya di sekolah termiskin di kampung Belitong, SumSel : SD Muhammadiyah , sekolah tersebut hanya memiliki 10 anak. Mulai dari kelas 1 SD hingga kelas 6 SD, guru dan anak-anak di sekolah tersebut tak sama sekali berubah. Andrea hirata sendiri merupakan salah satu dari 10 anak tersebut. Bersama 10 anak-anaknya Bu muslimah berhasil melalui segala kesulitan dan penderitaan-penderitaan diantara keterbatasan sarana dan prasarana saat itu. Bu Muslimah mengajar semua mata pelajaran mulai dari menulis indah, Bahasa Indonesia, Kewarganegaraan, MTK, hingga olah raga. Hebatnya bu Mus merancang sendiri kurikulum sekolah tersebut dan untuk smua pengorbanannya , Bu Mus hanya menerima upah berupa beras 15 kg setiap bulannya. Sebuah imbalan yang tentu saja tak sebanding dengan jasanya..
Bu Muslimah menjadi sosok pahlawan yang sangat di cintai oleh semua pasukan laskar pelangi..termasuk Andrea Hirata. Berangkat dari kesulitan dan penderitaan di masa sekolahnya serta berbekal CINTA dari seorang guru dan demi CINTAnya untuk seorang guru, Andrea Hirata kini telah menyelesaikan S2nya di Shffield Hallam University, Inggris. Wow!!! Great!!!Subhanallah !!! Hebat kan???

Kick Andy malam ini ditutup dengan drama penuh CINTA antara sang pahlawan dan sang pecinta : Bu Muslimah dan Andrea Hirata..., dengan penuh sayang Andrea mencium punggung tangan sang ibu dan masih dengan CINTA ia memeluk erat tubuh sang ibu. Kemudian Atas nama cintaNYA keduanya menangis penuh haru...hiks...hiks....
Dan sudah pasti ku tak dapat lagi menahan air mata, haru dari ”kotak ajaib ” kami, yang juga hadir di hati kami...bener- bener mengharu biru...

Jadi teringat saat acara perpisahan di SD sekitar 12 tahun yang lalu, air mata ini tak mau berhenti setelah kami menampilkan lagu ; Trimakasih guru dan juga lagu perpisahan.
Dua puisi yang seharusnya ku bacakan setelah lagu-lagu tersebut...terpaksa harus dibatalkan, padahal latihan baca puisinya dah mati-matian loh. Bu guru ga’ mungkin memaksaku untuk menampilkannya di antara ”sesegukan”ku...akibat menahan tangis yang akhirnya meledak juga..hiks,,hiks.Alhasil semua temen menangis kompak penuh haru, dan kompak berhenti menangis saat acara makan tiba..Hi..lucu deh(soalnya kami sama-sama kompak juga : lapar)J.
Habis makan kita salam-salaman ...dan kompak nangis lagi...dan kompak berhenti lagi saat acara foto-foto dimulai...:)..
Guru SD, orang-orang yang memang sangat berjasa dalam hidupku..Ga kan pernah terlupakan. Syukur..aku masih tetap setia mengunjungi mereka sekali dalam setahun..just it.

Satu motivasi lagi ku dapatkan malam ini : ” lakukanlah sgala sesuatunya dengan penuh CINTA, karna CINTA adalah energi yang luar biasa”.
Hidup, bergerak, beraktifitas, beribadah dengan satu motivasi : Cinta-NYA, dan pasti karna nya, kita akan mampu menghadirkan ketulusan dan keikhlasan di ruang hati kita......
Lalu bagaimana menurut anda????

Sabtu, 19 Januari 2008
Penghujung malam, saat semuanya terbuai lelap...
Aku masih tetap ingin menulisnya sepenuh cinta yang tlah hadir di hati ini..



0 komentar: