~ Petualangan Anak Dare' Part 2..~

Selasa, 21 Juli 2009


~ Petualangan Anak Dare' Part 2..~


“Mba’, besok kita mau jalan ke hutan wisata kaliurang, tuh di kaki gunung Merapi, ikut nggak?”

“Wah ..ikut dunk fren…!”
(biar flu berat ini belum sembuh-sembuh amat, biarin deh…yang penting bisa liat hutan merapi, titik)


Pagi hari…..ketika matahari sepenggalah, waktu dhuha gitu…petualangan kami siap dimulai. Kali ini petualangan nggak lagi by on foot, tapi by motorcycle. Para dare’ sudah naik kelas, eh maksudnya para dare’ sudah dapat fasilitas.

Sesaat sebelum berangkat, ternyata perlengkapan ada yang kurang. Helm ganda kurang satu. Nggak ada helm, so pasti petualangan nggak bisa dimulai.

”Papiiiiii....!!!”, eh salah deh...” Bapakkkk!!!”
”Eh...Bapak kost, nuwon sewu nggih, mau pinjem helm....nih...”


Dan Alhamdulillah dapat pinjeman helm …tapi alamak!! Helmnya ma emang helm standar,hitam kinclong lagi, ...tapi kaca depannya itu loh...ga’ ada...,
Ist OK lah…tenang aja..petualangan kudu tetep jalan…Maafkan daku helm…cukup ku peluk saja helmnya…bukan apa-apa, daku Cuma nggak siap jadi pelawak jalanan dadakan. cuma ntar klo ada om polisi baru deh di pake.

Lengkaplah sudah penderitaan…..ups maksudnya lengkaplah sudah perlengkapan, petualangan anak dare’ mencari merapi part 2 dimulai.

Kali ini 3 motor bebek benar-benar berbaris seperti bebek…mengikuti setiap lekuk tubuh kaliurang, menaiki tanjakan, menuruni menaiki lagi begitu seterusnya….berbelok kanan dan kiri, meliuk-liuk hingga tibalah di sebuah tempat yang sekian lama telah menunggu kehadiran kami : taman wisata kaliurang : Telogo Putri. Wah Subhanalloh asri banget euy alamnya!! Meski Pontianak banyak hutannya, tapi yang seperti ini, Nggak punya deh.

Ada 2 pilihan wisata yang disajikan telogo putri : pertama, kolam renang Telogo putrid (asal muasal namanya, konon karna pada jaman dahulu kala para putri keraton mandi di situ, dan air yang ada di kolam renang memang berasal dari sumber mata air alam : telogo).

Kedua, wisata pendakian bukit. Ada bukit kurang lebih setinggi 1-1,5 km dari permukaan tanah, dari puncak bukit tersebut kita bisa melihat keindahan merapi lebih dekat. Sebab oleh di Pontianak sudah sering berenang di sungai Kapuas (sapa tuh yah?). Maka kami memilih wisata yang kedua.



Lalu dengan sepenuh cinta di hati (cinta ama siapa yah?), dan sepenuh tenaga di tubuh (yang ini emang bener fren), kami menapaki satu demi satu anak tangga yang akan menghantarkan kami ke puncak bukit tersebut.


Nafasku tersengal…mulutku terpaksa ku buka lebar-lebar…hu..ha…hu..ha..ha….hu…, gawat nih hidungku masih mampet…kepalaku masih sedikit puyeng….mendaki bukit dengan kemiringan 65 derajat sejauh 1 km…serasa berkilo-kilo…
Ingin rasanya berteriak : “Friend, please deh….aku masih sakit!! Qta ga’ usah nyampe puncak yah?!..Please…..,” tapiiii…malu deh klo’ harus ngaku begitu…Jaim dikit dah…biar deh nguat-nguatin diri, : aku bisa!!!!...dengan tenaga yang tersisa, aku ngeringsek ke depan…”minggir!! Minggir!!!, : lady first…?!”
Hah…emang yang lain apa?! Ha..ha…ha..! dengan sepenuh hati, ku naiki tangga-tangga terakhir yang menghantarkanku ke puncak bukit.


YEESS!!! Nyampe!!! Alhamdulillah….!!!....beneran deh rasanya mau pingsan, andai ga’ ada orang lain di situ, pasti rebahan deh..suer deh!! tapi demi mempertahankan citra diri...(lagi-lagi jaim……, malu dunk… : ini rahasia perusahaan…he...he..)

Syukur deh ada ibu2 yang jualan air minum…
“Bu..please deh perlu energi nih!!!, brp bu ?! “
“5 ribu mba “
“Busyett dah, mahale Bu…”


Tepat di atas bukit ada sebuah bangunan semacam menara, 2 tingkat. Jika kita naik ke atas menara tersebut, maka kita bisa lebih leluasa melihat Merapi yang ada di hadapan bukit tersebut, atau seminimalnya kita bisa melihat panorama alam di bawah bukit tersebut. Hanya tiga orang teman yang berhasil naik ke menara tersebut, semntara aku dan sisanya merasa cukup puas sampai di atas bukit tanpa harus naik ke menara tersebut. (Habisnya menaranya tinggi, tacuuuuuut).


Setelah mendapatkan energi kembali, petualangan dilanjutkan. Saatnya menuruni bukit. (Gue paling demen nih, gampang banget turunnya...., cepeeeeet....he..he..).
Upacara penurunan bukit berlangsung dengan aman dan lancar. Acara dilanjutkan dengan makan bakso bareng. Lalu terakhir : zuhuran dunk!!!

Habis zuhuran di musola, qta masih asyik natapin pepohonan yang gede-gede di sekelilingnya, wah di deket musola tuh banyak monyet-monyet yang bebas berkeliaran…

Lagi asyik natapin monyet-monyet yang lucu abizzz, eh si emi teriak-teriak …
“Mba’ Agus!!! Jangan manjat pohon!! Ntar jatuh!!,”
Busyett deh, tuh anak , moso kalem-kalem gini, disamain ama monyet!! Ga’ sopan bgt deh….awas loh…
Spontan pas lihat beberapa monyet yang lagi asyik makanin pisang pemberian pengunjung, langsung deh kreatif : saatnya melakukan serangan balik.
“eh…Emi doyan banget ma pisang…biasanya ga’ mau!!,, kelaperan yah?? ”
Tuh anak langsung nunjukkin muka tengsin..Horeee!!! 1 sama deh..: draw..!

“Wah saudare-saudare, sekarang saatnya pulang…., coz orang sewaan qta nih Cuma bisa sampe jam segini nih...jam 2 dah ada agenda !!”(nggak sopan banget yah, moso teman kami yang yogya asli, yang bela-belain jadi guide buat kita, dibilang orang sewaan)

“huuuu….cepet bgt sih…...qta belum mau pulang nih!!
”apa mau dikata fren...., kata aja tak mau apa-apa..”


Akhirnya petualangan anak dare menemukan merapi THE END....:)

16 Juli 09
@ Kaliurang

3 komentar:

NEYNA mengatakan...

keren mba...tapi sayang,udah nyampe puncak kok ga naek ke menaranya???bagus loooh dr atas menara....

hmmm...laen kali na ajak ke tempat yg lebih bagus deh mba...
masih banyak desain Allah swt yg terhampar dideket2 kita dg segala keindahannya....ehem,tiba2 puitis ne...

Kang Eno mengatakan...

Mermbaca ceritanya, serasa ikutan petualang jg Mba, padahal belum pernah kesana..

agus triningsih mengatakan...

hmm...begitu yah?:)
Alhamdulillah...
ntar klo ke Yogya singgah aja...:)