~ Biarkan aku bernyanyi Bunda….~

Selasa, 21 Juli 2009


~ Biarkan aku bernyanyi Bunda….~


Dear Bunda dimanapun berada…..
Bunda, tempo hari ketika sedang berjalan-jalan. Saya sempat mendengar seorang anak yang berusia 3 tahunan menyanyikan lagunya Kuburan Band : “LUPA” dengan suara cadelnya : “ yupa…yupa…yupa yagi…yupa yagi airnya….” Maksunya pasti begini : “lupa…lupa…lupa lagi…lupa lagi syairnya…”…


MasyaAlloh…anak sekarang kok lebih sering melantunkan lagu orang dewasa yah Bun?? Habisnya di televisi kita nggak ada lagi program acara khusus lagu-lagu anak yah. Kenapa yah? Tapi program acara lagu-lagu dewasa? Jangan ditanya lagi deh...Buaanyak buangget!!! Di radio juga. Dimana-mana begitu. Akhirnya karna berulang-ulang mendengarnya, anak-anak kita jadi hafal deh liriknya. Kasihan bannget anak-anak kita Bun, nyanyi tapi nggak tau apa maksud lagunya. Baiknya mungkin kita harus rajin nyanyikan lagu-lagu anak buatnya yah Bun? atau kita perdengarkan dari kaset-kaset lagu anak-anak? Atau kita juga meminimalisir telinganya dari lagu-lagu orang dewasa?
Yang pasti Bunda jangan pernah memarahinya atau bahkan melarangnya saat ia sedang bernnyanyi lantunan lagu-lagu dewasa. Karna jika begitu bearti Bunda telah melanggar HAA atau Hak asasi anak-anak...(he..he..bercanda aja kok :))


Ehmmm.... ngomong-ngomong soal nyanyian anak-anak kita nih, Bunda tau nggak? Dari sebuah referensi yang saya dapatkan, Ternyata bernyanyi memiliki berbagai manfaat positif untuk anak-anak kita. Manfaat-manfaat positif tersebut yaitu Pertama, dengan bernyanyi ia akan belajar memahami konsep sederhana. Misalnya saja lagu Balonku, lagu ini akan membantunya untuk mengenal konsep pengenalan warna dan jumlah bilangan serta konsep pengurangan saat salah satu balon pecah.

Kedua, menyanyi akan menguatkan rasa percaya diri. Hampir semua anak kita suka bernyanyi kan Bun?? Berikan kesempatan padanya untuk bernyanyi. Hal ini akan menguatkan rasa percaya dirinya. Ia akan merasa mampu bernyanyi dan kelak tak akan malu untuk tampil di depan umum. Saat ini bernyanyi, berikan perhatian positif lewat pujian, ikut bersenandung, bergembira, sehingga ia merasa lebih dihargai dan lebih menambah rasa percaya dirinya.

Ketiga, menyanyi akan memperkaya kosakatanya. Selain itu ia akan lebih aktif bicara, Bunda. Sehingga kemampuan berbicaranya juga akan ikut terstimulasi. Jika dalam satu hari Bunda mengenalkan satu lagu sederhana maka setidaknya ia mampu menerima 5-8 kata baru.

Keempat, dengan menyanyi anak-anak kita akan menyelipkan gayanya sendiri. Perhatikan deh Bunda, ketika ia berjoget, bertepuk tangan, meninggikan atau merendahkan suaranya, memanjangkan pengucapan, bahkan ia akan bergaya seperti penyanyi sunguhan. Berikan kesempatan untuk melakukannya karena dengan begitu sebenarnya ia sedang menuangkan kreatifitas dan imajinasinya.

Kelima, bernyanyi akan membuat anak-anak kita lebih sehat Bunda. Kenapa? Karna saat bernyanyi ia akan menggerakkan otot-otot di daerah kepala seperti wajah dan leher bahkan seluruh tubuh saat ia bergoyang. Ini tentu akan menambah kebugarannya. Menyanyi juga akan membuat psikisnya lebih kondusif loh Bunda. Karena karena menyanyi akan selalu membuatnya senang dan terhibur. Tak hanya itu saja Bunda. Menyanyi pun dapat melatih kepekaan pendengaran, keteraturan bernafas juga melenturkan organ-organ bicaranya.

Keenam, bernyanyi akan membuat anak lebih aktif bergerak, sebab banyak lagu-lagu anak yang penuh semangat. Misalnya saat anak melantunkan lagu : ”aku seorang kapiten, mempunyai pedang panjang, kalau berjalan prok-prok-prok, aku seorang kapiten.” ia akan berjalan di tempat, lalu bertepuk tangan. Ini akan membuat ia lebih berani bertindak dan melakukan sesuatu.

Ketujuh, bila Bunda rajin bernyanyi bersamanya pasti Bunda akan merasakan lebih dekat dengannya kan? Karena itu Yuk sering-sering bernyanyi bersamanya dan menciptakan suasana yang menyenangkan dengannya!

Kedelapan, dengan bernyanyi Bunda bisa mengamati perkembangannya. Seperti perkembangan verbalnya, pendengaran, daya tangkap, motorik, peniruan, dan lainnya. Coba deh Bunda amati. Apakah ia meniru gerakan-gerakan yang Bunda contohkan?? Jika iya, bearti ia berkembang dengan normal Bunda..

Ehm....jadi ingat lagu favorit saya waktu kecil Bun...pasti Bunda kenal deh...

ambilkan bulan Bu...
ambilkan bulan Bu..
Yang selalu bersinar di langit....


Nah, lagu favorit Bunda waktu kecil apa?:)

Yuk Bun...bernyanyi lagi bersamanya. Biarkan ia mengenal lagu-lagu kecil kita dulu Bun.., Biarkan ia mengenal lagu-lagu baru dari bibir manis Bundanya....Bukan dari Kuburan Band, bukan dari D’ masif dan lain-lain. Setuju kan?!


Kaliurang, 20 Juli 2009

2 komentar:

Fery Ramadhansyah mengatakan...

setuju, banyak sisi positif yang bisa diambil jika si kecil suka nyanyi. cuman yang jadi pertanyaan, apakah nilai positif2 itu ada juga kalau lagu2 yang dinyanyikan, lagunya orang dewasa. bisa jdi kabur arah kejiwaan si anak. palagi skrg trend lagu Band anak kecil. wah, ini dah eksploitasi anak namanya.

everything Bali mengatakan...

hello!
apa kabar?